Membuat Grafik dengan Pivot Chart
Pivot chart adalah fitur yang mempermudah dalam membuat grafik di Microsoft Excel.
Pivot chart berfungsi untuk membuat grafik secara instan dari data yang sudah diringkas menggunakan Pivot Table. Pivot chart dan pivot table saling terhubung.
Pivot chart menampilkan seri data, kategori, penanda data, dan sumbu, seperti halnya bagan standar. Pengguna juga dapat mengubah jenis bagan, judul, penempatan legenda, label data, dan lokasi bagan.
Cara membuat pivot chart :
1. Siapkan tabel data yang akan dibuat chart
2. Pilih Cell mana saja pada tabel tersebut yang akan dibuat chart.
4. Akan muncul kotak dialog Pivot Chart yang secara otomatis seluruh rentang data yang sudah dipilih sebelumnnya kemudian, Anda akan diminta untuk memilih tempat menyisipkan visual anda baik di sheet baru maupun yang sudah ada. Pilih lokasi yang Anda inginkan dan klik OK.
5. Sekarang sudah tersedia Pivot Table dan Pivot Chart yang masih kosong, gunakan panel Pivot Chart disebelah kanan untuk mengaturnya.
6. Pada bagian panel Pivot Chart akan muncul bagan dari data yang disiapkan sebelumnya. Pilih bidang yang ingin ditampilkan dalam grafik lalu seret dan letakan ke area yang sesuai.
Filter - Tambahkan filter untuk menyembunyikan atau menampilkan data tertentu jika diperlukan.
Columns - Menunjukan seri data mana saja yang akan ditampilkan di Pivot Chart.
Rows - Menentukan kategori apa saja yang akan ditampilkan sepanjang submu horizontal.
Values - Menentukan nilai yang akan digambarkan dalam Pivot Chart.
Misalnya untuk menampilkan rata-rata nilai kelas VII tiap bulannya maka seret kolom Kelas ke area Columns, bulan ke area Rows dan Rata-Rata Nilai ke area Values.
Komentar
Posting Komentar